Herd Immunity: Pilihan Kita Untuk Komunitas Kita

Pernahkah mendengar tentang herd immunity?

Situasi seperti hari ini tentunya immunity, imunitas dan imunisasi merupakan hal yang sangat hangat dan asyik untuk dibicarakan. Herd immunity merupakan suatu keadaan ketika sebagian besar masyarakat terlindungi atau dalam kondisi kebal terhadap penyakit tertentu yang akan menimbulkan dampak tidak langsung (indirect effect) yang cukup bagus yakni turut terlindunginya kelompok masyarakat yang bukan merupakan sasaran imunisasi dari penyakit yang bersangkutan.

Dalam sebuah keadaan sederhana hal ini dapat dijelaskan sebagai berikut; ketika dalam kelompok masyarakat yang sedang terjadi risiko suatu penyakit, kita akan memberikan imunisasi atau kekebalan kepada kelompok yang rentan seperti bayi dan balita agar mereka terlindungi, keadaan ini akan membuat penularan penyakit di masyarakat pun akan terkendali sehingga kelompok usia yang lebih dewasa pun ikut terlindungi karena kemungkinan penularan penyakit menjadi lebih rendah.

Apabila kita melihat keadaan seperti itu maka kita sebenarnya bisa memperbaiki kondisi kesehatan kelompok kita dengan cara melindungi kelompok paling rentan kita melalui imunisasi. Tetapi perlu kita ingat bahwa kondisi yang sehat tersebut hanya dapat tercapai dengan cakupan imunisasi yang tinggi dan merata pada kelompok kita.

Kekebalan komunitas atau herd imunity tentunya tidak akan pernah tercapai ketika kelompok yang rentan tidak terlindungi atau bisa dikatakan ketika cakupan imunisasi sangat rendah. Cakupan imunisasi yang tinggi tetapi juga tidak merata juga sebuah masalah yang harus dihadapi dalam imunitas kelompok.

Anak-anak yang tidak diimunisasi mungkin bisa saja sehat tetapi coba kita pikirkan dalam satu kelompok tidak ada satupun anak yang diimunisasi kemudian tiba-tiba ada penyakit yang menyebar pada keompok tersebut dan penyakit tersebut termasuk dalam kelompok Penyakit yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi (PD3I). Kita akan melihat bahwa keompok tersebut akan dengan cepoat menyebar pada kelompok tersebut. Ataupun ketika hanya sedikit yang diimunisasi dan masih banyak yang belum terimunisasi, tentunya akan banyak anak yang akan terjangkit penyakit tersebut meskipun anak yang terimunisasi akan mempunyai kemungkinan yang besar untuk sehat.

Ketika dalam sebuah kelompok sebagian besar kelompok rentan sudah diimunisasi dan ada sebagian anak yang sakit tentunya kita akan dapat melihat bahwa penyebaran sebuah penyakit tersebut akan bisa ditahan sehingga penyakit tersebut tidak akan menyebar di kelompok, dan kelompok tersebut akan tetap sehat.

Herd Immunity tentu sebuah kata yang sangat jarang sekali kita dengar atau bahkan sebuah kata yang sangat sulit untuk dilafalkan. Tapi ketika kita ingat kata “kepedulian” mungkin kata ini akan lebih familier di telinga kita. Kepedulian kita terhadap komunitas dapat diwujudkan dengan mengimunisasikan kelompok rentan seperti anak-anak dan bayi serta mendukung program imunisasi.

Dari penjelasan di atas tentu kita tahu bagaimana pilihan kita bisa berdampak kepada orang lain dan kelompok kita. Dengan memberikan imunisasi kepada anak-anak kita tentu kita akan bisa mewujudkan kelompok yang terlindungi dari penyakit.

***

Penulis: Pulung Siswantara, S.K.M., M.Kes

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.